5 cara agar Instagram live menarik banyak follower
5 cara agar Instagram live menarik banyak follower
Pernah melihat Instagram live yang membosankan dan sedikit penontonnya? Nah ada beberapa cara untuk membuat Instagram live agar menarik dan berkesan!
Instagram live sendiri merupakan bagian dari Instagram stories yang mana fitur tersebut banyak dimanfaatkan untuk keperluan bisnis.
Dikutip dari Oberlo, sekitar 500 juta akun menggunakan Instagram stories setiap hari pada tahun 2018. Sementara itu, satu per tiga Instagram stories yang paling banyak dilihat berasal dari akun bisnis.
Maka tidak heran, jika banyak orang yang memanfaatkan Instagram live sebagai platform platform dan branding untuk bisnis.
Lalu, bagaimana cara agar Instagram live MoMs menarik dan berkesan? Berikut ada 5 cara yang bisa kamu lakukan.
1. Tentukan “SMART”
Instagram live sering dianggap membosankan karena tidak mempunyai tujuan/rencana yang matang.
Maka seperti yang dikutip oleh Hootsuite, cara pertama dalam melakukan Instagram live yaitu dengan cara “SMART” singkatan dari Specific, Measurable, Attainable, Relevant, dan timely.
Specific, Buat tujan secara spesifik dari Instagram live MoM. Misalnya, MoM ingin live MoM di tonton banyak akun sekitar 300an akun lebih.
Measurable. Tentukan tujuan yang tersusun jelas dari sesi live MoM. Contoh, MoM ingin followers akun MoM bertambah 100 akun setelah live.
Attainable. Buat tujuan yang mungkin bisa dicapai. Hindari tujuan yang mustahil dicapai. Contoh, MoM ingin follower MoM bertambah 2 juta akun setelah melakukan live.
Relevant. Buat tujuan live yang sesuai tujuan bisnis MoM.
Timely. Pastikan tujuan MoM mempunyai deadline. Sebagai contoh, MoM ingin target produkmu habis terjual dalam 5 hari.
Di luar itu, perencanaan yang lain juga perlu dilakukan, hal ini misalnya dilakukan dengan cara mengatur topik, alur, durasi, dan poin-poin yang ingin disampaikan dalam live MoM.
2. Promosikan live
Sebelum memulai live, pastikan MoM telah mempromosikan rencana live MoM terlebih dahulu.
MoM bisa mempublikasikan pengumuman dahulu bahwa Mom akan memulai live kapan, di akun apa, dll yang penting untuk MoM sampaikan. Bagikan pemberitahuan tersebut melalui Instagram feeds dan Instagram stories.
Dengan begitu followers MoM akan tahu dan menyiapkan diri untuk mengikuti live. Jadi, jangan sampai MoM melewatkan cara yang satu ini.
3. Sematkan topik live
Cara berikutnya yaitu menyematkan atau pin topik live. Sematkan atau pin ini salah satu fitur Instagram live yang bisa MoM pakai untuk menampilkan topik penting untuk penonton. Sebagai contoh, MoM bisa menulis “Diskon besar-besaran 12.12!”.
Selain topik, MoM bisa juga membuat pin berisi pertanyaan yang bisa penonton jawab.
4. Buat Engagement
Salah satu kelebihan Instagram Live adalah penonton bisa langsung memberikan komentar secara real time. Maka, manfaatkan fitur itu dengan maksimal. Jika ada penonton menanyakan sesuatu, kamu bisa menjawabnya langsung pada sesi live.
Alternatif lainnya, kamu bisa membuat sesi pertanyaan & jawaban atau disebut Q&A pada bagian akhir Instagram Live. Cara ini sangat efektif dalam membangun engagement dengan penonton saat live.
5. Tutup dengan Call to Action
Terakhir, yaitu cara yang tidak boleh MoM lewatkan dalam melakukan Instagram Live adalah menyampaikan call-to-action (CTA).
CTA adalah sebuah ajakan agar audiens melakukan sesuatu yang MoM inginkan.
Dikutip dari Wordstream, MoM bisa membuat CTA yang sesuai dengan tujuan awal MoM melakukan live.
Sebagai contoh, MoM bisa mengajak penonton untuk follow akun Instagram MoM agar tidak ketinggalan informasi menarik.