Lakukan Langkah-langkah ini Untuk Jadi Community Manager Handal!
Lakukan Langkah-langkah ini Untuk Jadi Community Manager Handal!
Moms sudah tahu, kan, kalau sekarang ada profesi baru yang tidak ada 5-10 tahun yang lalu, namanya Community Manager atau manajer komunitas.
Ya, profesi yang baru mulai ramai beberapa tahun terakhir ini menjadi pilihan yang oke banget buat kita para moms. Kenapa? Karena pekerjaan ini bisa dilakukan tidak hanya secara offline tapi juga online, sehingga lebih fleksibel bagi kita.
Nah, apa sih, community manager itu? Apa kewajibannya, apa syaratnya untuk jadi seorang community manager, berapa penghasilannya, dan bagaimana caranya sukses di bidang ini?
Yuk, pantengin terus e-book atau video ini, ya https://www.youtube.com/watch?v=zlFwklph_hk .
APA ITU COMMUNITY MANAGER
Seperti
judulnya, ada kata komunitas dan manajer. Jadi fungsi seorang community manager adalah memanage atau
mengatur berjalannya sebuah komunitas, entah itu komunitas hobi, komunitas
milik sebuah institusi maupun brand. Community Manager tentunya
tidak sendiri dalam mengelola komunitas, biasanya akan dibantu oleh orang lain
sesuai dengan kebutuhan.
SYARAT
MENJADI COMMUNITY MANAGER
Seorang community manager haruslah orang yang
bisa mingle alias berbaur dengan orang lain terutama anggota komunitas.
Kemampuan berkomunikasi dan networking juga sangat diperlukan dalam pekerjaan ini. Lalu, syarat yang tak bisa ditawar-tawar adalah memiliki jiwa kepemimpinan alias LEADERSHIP.
Mengelola sebuah komunitas adalah menjadi pemimpin sekaligus pelindung dan pengelola di mana hal ini akan sulit terjadi jika kita tidak memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat.
CARA JADI COMMUNITY MANAGER HANDAL
Saat kita sudah
menjadi seorang community manager
artinya kita sudah memenuhi beberapa syarat yang disebutkan sebelumnya seperti leadership dan kemampuan komunikasi yang
baik. Namun, diperlukan hal lebih lagi untuk membuat seorang community manager
menjadi seorang community manager
yang handal dan sukses.
(1)
JADI AHLI DIBIDANGNYA
Seorang pengelola
komunitas apalagi dalam niche
tertentu haruslah sangat menguasai bidangnya. Misalnya saat kita mengelola
komunitas pekerja kreatif, artinya kita harus sangat paham tentang dunia
pekerja kreatif. Saat kita mengelola komunitas ibu, ya kita harus paham tentang
dunia ibu dengan segala permasalahan dan solusinya.
Bahkan jika kita sangat menguasai bidang kita, kita bisa menjadi thought leader, seorang pemimpin yang pemikirannya menjadi panduan untuk orang lain terutama para membernya.
Cara jadi ahli di bidangnya gimana? Update dan terus belajar. Mengikuti perkembangan di bidang kita lewat media sosial, literatur serta mendatangi seminar yang terkait sangat disarankan.
(2)
WALK THE TALK
Sudah melakukan
apa yang kita katakan dan ajarkan pada orang lain. Inilah yang membedakan community manager sejati dan yang bukan.
Community manager yang berdedikasi
adalah yang sudah menjalankan apa yang ia ajarkan atau beritahukan.
(3)
PENDENGAR YANG BAIK
Saat kita
bersedia menjadi pengelola sebuah komunitas, artinya kita siap menjadi
pendengar yang baik. Seringkali hal-hal justru bisa cepat diselesaikan saat
kita mau banyak mendengar. Dengarkan permasalahan dan kendala yang disampaikan member.
Dengarkan apa yang menjadi perhatian mereka. Saat kita tahu dengan baik pokok permasalahannya, kita bisa memberikan solusi terbaik juga.
(4)
PEMBERI SOLUSI
Ini berkaitan
dengan kiat sebelumnya, yaitu menjadi pendengar yang baik. Saat kita mau
meluangkan waktu untuk mendengar, kita pun tahu dengan baik pokok
permasalahannya, sehingga kita bisa memberikan solusi terbaik. Menjadi
pendengar yang baik akan membuat kita menjadi pemberi solusi yang baik pula.
(5)
PUBLIC RELATION & AMBASSADOR
Seorang community
manager harus bisa menjadi humas sekaligus duta dari komunitas dan
institusi atau brand yang berkaitan
dengan komunitas yang dikelolanya.
Tak hanya menjadi contoh baik bagi anggotanya tapi juga menjadi duta bagi komunitas serta brand yang diusung.
Untuk bisa menjadi humas dan duta yang baik, tentu saja kita harus mengenal komunitas kita dengan baik dan jika komunitas kita membawa nama institusi ataupun brand maka yang harus kita lakukan adalah pelajari semua hal yang berkaitan dengan komunitas dan brand kita.
Nah, Moms sudah siap menjadi community manager, kan? Tunggu tips dan tutorial selanjutnya dari Mom Academy, ya Moms!
Untuk beragam info menarik seputar MoM Academy silahkan Moms kunjungi link berikut https://www.momacademy.id/class?category=class semangat ber-aktivitas, moms.